Ads

Loading...

Sunday, March 6, 2016

Industri Kreatif dan Pariwisata Septo Indarto

Industri Kreatif dan Pariwisata Septo Indarto Perkembangan industri kreatif akan terus berkembang, pola pemasaran pun terus berkembang dengan mengembangkan metode-metode baru. Tetapi ada satu hal yang harus kita perhatikan dengan jeli, bahwa industri kreatif dapat mendukung pertumbuhan pariwisata, saat ini semua Negara terus mengembangkan industri kreatif mereka untuk meningkatkan pertumbuhan industri pariwisata, masyarakat dilinatkan dalam program tersebut sehingga menjadi pemain dan dapat menciptakan lapanngan kerja yang pada akhirnya akan menciptakan kemakmuran bagi penduduk setempat dan meningakatkan penerimaan devisa untuk Negara. Sebagian besar pelaku industri kreatif berada diantara umur 15-40 tahun, mereka adalah kelompok muda yang kreatif dan mempunyai ide-ide yang brilian untuk dikembangkan menjadi sebuah konsep. Konsep tersebut harus dijadikan sebagai aksi nyata dengan menciptakan barang dan jasa yang dapat dijual kepada konsumen dan mendapat kesan yang positif sehingga dapat dikembangkan lagi menjadi barang dan jasa yang lebih baik kualitasnya dan dikembangkan lagi menjadi yang lebih berkualitas. Indonesia sebagai Negara terbesar di Asia Tenggara mempunyai potensi yang besar dalam mengembangkan industri kreatif karena mempunyai generasi muda yang produktif dan memiliki jiwa inovasi, hal ini harus segera dikembangkan, karena mereka adalah kelompok yang sadar akan kemajuan teknologi, kelompok muda Indonesia adalah kelompok yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan selalu mengikuti perkembangan zaman, khususnya mengikuti perkembangan teknologi informasi, mereka bukan saja mampu menyesuaikan diri tetapi juga mampu memberikan nilai lebih dengan menciptakan program-program aplikasi pendukung untuk komputer, PC Tablet dan juga smartphone, bahkan mereka bisa mengembangkan banyak bisnis yang mempunyai nilai lebih. Ini harus segera diperhatikan. Riset David McClelland, jumlah total wirausaha di Indonesia hanya berjumlah tidak lebih dari 1,2 % dari penduduk Indonesia yang berjumlah 245 juta. Hal ini memberikan gambaran bahwa masih sangat sedikit orang Indonesia yang berprofesi sebagai pengusaha dan masih sedikit diantara mereka yang terjun dalam industri kreatif. Indonesia adalah Negara dengan potensi yang luar biasa untuk dikembangkan industri kreatifnya. Dukungan modal dari lembaga keuangan dan pembangunan infrastruktur adalah hal yang mutlak yang harus segera dilakukan. Pemerintah Indonesia tidak boleh terlambat dalam mengembangkan industri kreatif, karena banyak sekali yang bisa dikembangkan di Indonesia. Indonesia dikenal bukan hanya sebagai Negara dengan sumber daya alam yang melimpah tetapi mempunyai penduduk dengan demografi yang produktif terbanyak saat ini, ini adalah peluang yang harus dikembangkan tidak boleh disia-siakan. Indonesia harus cepat bergerak dalam mengembangkan potensi industri kreatifnya. Pmerintah Indonesia harus melihat bahwa besarnya nilai dari industri kreatif sangat besar dan pertumbuhannya akan terus tinggi, Inodnesia mempunyai semua kekuatan itu yang terletak kepada generasi muda. Industri kreatif akan terus tumbuh dan berkembang diseluruh dunia, hal ini diperkirakan akan terus berkembang dengan pertumbuhan sebesar 5% pertahun pada tahun 2000 dari nilai sebesar USD 2,2 triliun akan menjadi USD 6,1 triliun pada tahun 2020. Ini adalah potensi yang sangat besar sekali. Industri kreatif berkembang maka hal itu bisa meningkatkan jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Indonesia, karena para wisatawan yang datang akan melihat produk-produk unggulan yang dikemas dengan unik dan menarik serta mempunyai nilai lebih untuk di beli. Para wisatawan juga akan melihat kemajuan yang telah kita capai sambil menikmati pemandangan alam. Pemasaran yang kreatif juga diperlukan untuk menarik minat para wisatawan yang akan berkunjung ke Indonesia. Pemasaran kreatif bisa dilakukan melalui jaringan internet, seperti menawarkan program wisata selama seminggu dan wisatawan diajak untuk tinggal dan membuat kerajinan dengan masyarakat setempat. Pariwisata akan dijalankan sebagai program yang sangat menarik dan wisatawan akan merasa puas dan mempunyai pengalaman yang indah dan tidak bisa dilupakan dalam hidup mereka ketika mereka melakukan perjalanan wisata ke Indonesia. Menciptakan roadmap industri pariwisata harus dilihat dari semua aspek, mulai dari infrastruktur yaitu bandara hingga hotel untuk menginap, pelayanan konsumen yaitu bagaimana melayani konsumen dalam hal ini para wisatawan dapat dilayani denga baik kebutuhan-kebutuhan mereka selama di Indonesia. Semua itu harus dibangun secara bersamaan dan dijalankan dengan konsisten. Indonesia menawarkan pengalaman yang unik bagi banyak wisatawan dari seluruh dunia, Indonesia harus terus membangun infrastruktur untuk mendukung industri pariwisata, sehingga para wisatawan akan merasa nyaman ketika berkunjung ke Indonesia karena hal itu berkaitan dengan aspek pelayanan. Di India, Ananya Bhattacharya berhasil membangun industri kreatif yang melibatkan warga sekitarnya untuk meningkatkan kemakmuran mereka dari industri pariwisata. Dia dikenal sebagai Social Entrepreneur, dia berhasil memberikan contoh bagaimana memelihara budaya dan mempunyai peranan penting bagi perkembangan perekonomian di beberapa daerah di India. Pada tahun 2000, dia bekerjasama dengan masyarakat terpinggirkan untuk menggalakan ekonomi kreatif. Dia mulai mengembangkan industri kreatif bersama masyarakat. Sejumlah warisan budaya seperti alat tiup, nyanyian dan alat tiup dipelihara dan dikembangkan untuk dijadikan ekonomi kreatif yang mempunyai nilai lebih. Dia ingin mengembangkan bahwa budaya bisa memberikan kontribusi penting bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat yang dikemas dalam industri kreatif. Komunitas ini mampu menjangkau hingga 5.000 seniman rakyat. Komunitas ini bernama Banglanak.com. Pada tahun 2005 pendapatan masyarakat dalam komunitas ini mendapatkan USD 10 perbulan , kemudian meningkat menjadi USD 250 perbulan pada tahun 2013. Ada pertumbuhan dalam kegiatan ekonomi kreatif dan pertumbuhan berjalan secara bertahap sehingga masyarakat dapat merasakannya tanpa meninggalkan warisan budaya yang telah ada sejak ribuan tahun. Saat ini komunitas tersebut banyak aktif di berbagai pameran diseluruh dunia untuk mendatangkan para wisatawan untuk berkunjung ke India.

No comments:

Post a Comment