Bagi Anda yang Membutuhkan Pelatihan dan Coaching Bisa Menghubungi Saya di nomer kontak 0817151574. Harga Rp 13.000.000 Perhari
Ads
Loading...
Wednesday, March 2, 2016
Pasar adalah Ruang Untuk Inovasi (Septo Indarto)
Pasar adalah Ruang Untuk Inovasi (Septo Indarto)
Pasar adalah ruang, tapi pasar adalah ruang yang penuh kejutan. Aktivitas pasar dipenuhi oleh:
1. Barang
2. Jasa
3. Uang
4. Pedagang
5. Para ahli bisnis
Karena pasar adalah ruang yang besar dan dinamis, pasar selalu berjalan dengan mekanismenya sendiri. Pasar bisa membuat kita sukes tetapi pasar dapat membuat kita gagal. Ekonom Paul Ormerod menganalisa bahwa pasar bisa menyebabkan kegalalan bisnis sama dengan tingkat kepunahan spesies. Karena persaingan yang luar biasa ketat. Internet adalah era dimana membuat pasar menjadi ruang untuk kompetisi dan berinovasi, banyak perusahaan yang sukses dan banyak juga perusahaan yang bangkrut, hidup adalah untuk bertahan, yang dapat memenangkan persaingan dalam pasar terus menerus belajar dan berinovasi. Ketika sebuah perusahaan merasa puas dengan semua hal yang dikerjakan, maka kematian hidup dari sebuah perusahaan hanyalah menunggu waktu.
Menurut Paul Ormerod kepunahan massal bisa mirip terjadi seperti kematian spesies. Karena kita hidup pada era digital dimana internet adalah sebuah ruang dimana jutaan pemain berkompetisi di dunia internet. Menurut Ormerod jaringan dari berbagai hubungan itu-ada yang bersaing, ada yang berkerjasama, kesuksesan dan kegagaln sperti aliran air terjun yang deras, pemenang bertahan yang kalah akan lenyap.
Tugas para CEO akan semakin berat, pekerjaan mereka akan lebih banyak mendapat tekanan. Para CEO harus lebih hati-hati dan lebih teliti dalam melihat kemana arah pasar berjalan. Bagaimana dengan seorang Marketer, apakah kondisi mereka juga dalam tekanan? Marketer adalah orang lapangan biasanya sebagai lini pertama yang mengetahui ke arah mana pasar akan berjalan. Seorang Marketer mempunyai insting yang bagus ketika mereka mulai melihat ada sesuatu perubahan ke mana arah pasar bergerak. Informasi yang mendetail adalah kuncinya.
Perusahaan harus mempunyai inovasi yang luar biasa, ketika pasar bergerak tanpa pernah dapat diprediksi sebelumnya. Apple Computer adalah contoh yang bagus bagaimana mereka memanfaatkan situasi pasar untuk menciptakan sebuah trend pasar yang baru. Apple tidak mengikuti trend pasar tetapi Apple menciptakan pasar. Apple terlalu pintar, sementara para kompetitornya berjuang untuk terus dapat hidup. Bahkan saling menghancurkan satu sama lain untuk memperoleh keuntungan.
Jadi sebenarnya tidak ada pasar yang sempurna hanya ada pasar yang dinamis. Pasar yang sempurna yang menghasilkan keseimbangan dan keteraturan sangat sulit dilakukan. Tetapi pasar dapat diawasi secara hukum melalui undang-undang yang dibuat oleh pemerintah. Hukum pasar adalah terus melakukan inovasi tanpa henti untuk tetap memimpin.
Strategi yang harus disiapkan menghadapi perubahan pasar yang bersifat dinamis adalah membuat rencana jangka panjang sebagai suatu strategi manajemen karena ini adalah hal yang sangat vital. Perusahaan harus mempunyai komitmen dalam membuat strategi jangka panjang dan sumber daya manusia adalah faktor penting yang harus disiapkan.
Tetapi saat ini para pelaku pasar baik itu para pedagang, para ahli bisnis dan perusahaan terus melahirkan ide-ide kreatif dan revolusioner. Bicara tentang Marketing adalah berbicara tentang ide bagaimana menjual produk tersebut. Ide-ide Marketing kreatif pun muncul, karena merupakan tuntutan pasar. Pasar juga membutuhkan sang jawara untuk mengendalikannya, tetapi jika sang jawara tersebut tidak konsisten melahirkan ide-ide yang brilian makan sang jawara tersebut akan kalah. Ilmu Manajemen Marketing terus dituntut bagaimana menciptakan ide yang kreatif tentang pemasaran.
Berbicara tentang Marketing adalah juga berbicara tentangt kompetisi. Ketika berbicara tentang persaingan kita harus memposisikan diri bahwa kita hidup dalam dunia digital, dunia digital tidak berbicara tentang Marketing Konvensional. Dunia digital berbicara tentang Marketing Multimedia. Para Marketer pun harus bisa menggunakan perangkat multimedia.
Ketika internet mulai berkembang di era tahun 1990-an dan mencapai puncaknya tahun 2000-an, banyak perusahaan-perusahaan yang bangkrut karena mereka belum tahu ke arah mana pasar akan bergerak. Diperlukan kekuatan dan ego yang besar untuk dapat bangkit kata Mike Salmi (CEO Atomfilms.com). Untuk terus dapat berkembang dan bertahan di pasar, sebuah perusahaan harus terus mendapatkan suntikan modal dan peremajaan teknologi.
Atomfilms.com berhasil mendapatkan suntikan modal senilai $ 5 juta ketika perusahaan itu mulai berkembang secara pesat. Atomfilms belajar dari kekacauan bisnis di dunia internet pada tahun 2000-an. Pada tahun 2001, sebagaian besar situs hiburan bangkrut. Perusahaan-perusahaan bangkrut karena koneksi internet yang masih lamban dan prospek pendapatan iklan yang masih minim.
Para pelaku pasar dalam dunia internet pun mengkoreksi tentang kesalahan-kesalahan yang dibuat. Ketika internet tinggi (pita lebar) mulai berkembang maka gairah bisnis di dunia internet pun bangkit lagi.
Saat ini ketika internet telah menjadi media hiburan, Atomfilms.com mendapat pemasukan jutaan Dollar dari iklan On-Line, pasar pun menyambut internet dengan positif. Atomfilms sekarang bersaing secara ketat dengan MTV, Comedy Control, Yahoo. Belum lagi netflix sebagai pemain baru dan telah berhasil menciptakan pasar sendiri dengan segmen khusus para penggemar film. Ini adalah sebuah tantangan dalam persaingan di pasar.
Inovasi adalah senjatanya ketika akan makin banyak perusahaan-perusahaan yang akan terjun ke bisnis hiburan dalam dunia digital, mereka satu sama lain akan bertekad menjadi yang terbaik, perusahaan-perusahaan itu sudah akan siap berkompetisi satu sama lainnya.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment